Forum

district
 
Notifications
Clear all
district
district
Group: Registered
Joined: 2022-04-14
New Member

About Me

 Perang Rusia-Ukraina pecah dalam dua pekan terakhir. Pasukan militer kedua belah pihak saling serang satu sama lain. Sejak hari pertama peperangan, situs-situs layanan pemerintah Ukraina tidak dapat diakses akibat serangan Distributed Denial of Services (DDoS), termasuk situs milik parlemen, pemerintah, Kementerian Luar Negeri, dan lembaga-lembaga negara lainnya.

Malware penghapus data “HermeticWiper” ditemukan di ratusan komputer milik pemerintah Ukraina. Beberapa hari sebelumnya, warga Ukraina menerima pesan teks palsu yang menginformasikan bahwa ATM telah offline atau luar jaringan/luring. Banyak warga berebut menarik uang, yang menyebabkan kepanikan dan ketidakpastian.

Pihak Ukraina menyalahkan Rusia atas serangan siber ini. Setelah penarikan pasukan Rusia dari Georgia pada 2008, Presiden Vladimir Putin mencanangkan modernisasi militer Rusia. Domain siber dimasukkan sebagai game android perang offline salah satu strateginya. Serangan siber telah menjadi strategi perang Rusia. Putin menunjuk Direktorat Intelijen Utama Rusia (GRU) sebagai pengatur serangan siber.

Wakil perdana menteri Ukraina Mykhailo Fedorov merekrut “IT Army” untuk membangun serangan balasan terhadap Rusia. Target “IT Army” ini adalah situs web atau laman 31 perusahaan bisnis, perbankan dan pemerintah Rusia. Setidaknya, enam negara Uni Eropa telah mengirimkan ahli keamanan siber ke Ukraina. Facebook dan Google memblokir dan melarang monetisasi video dan informasi asal Rusia. Layanan internet StarLink milik Elon Musk diaktifkan untuk mendukung operasi pemulihan sekaligus serangan siber.

Social Networks
Member Activity
0
Forum Posts
0
Topics
0
Questions
0
Answers
0
Question Comments
0
Liked
0
Received Likes
0/10
Rating
0
Blog Posts
0
Blog Comments
Share:
Enable Notifications    OK No thanks